Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

bawagnerinc.com – Undang-Undang Dasar atau Konstitusi dalam bahasa latin “Constitutio” di sebuah negara ialah pembentukan norma-norma politik dan sistem hukum di negara pemerintah. Biasanya konstitusi dikodifikasikan sebagai sebuah dokumen yang tertulis. Hukum konstitusi tidak mengatur hal-hal secara detail, akan tetapi hanya menjelaskan prinsip-prinsip yang menjadi dasar untuk aturan lainnya.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli

Pengertian Konstitusi

Konsitusi merupakan suatu norma sistem politik dan hukum bentukan pada pemerintahan negara, pada umumnya dikodifikasikan sebagai dokumen tertulis. Konstitusi umumnya merujuk pada penjaminan hak kepada warga dan masyarakatnya. Istilah konstitusi sendiri bisa diterapkan kepada seluruh hukum yang mendefinisikan fungsi pemerintahan negara.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli:

1. Richard S. Kay

Richard S. Kay menyatakan bahwa Konstitusi merupakan suatu pelaksanaan dari aturan-aturan hukum atau rule of law dalam hubungan antara masyarakat dengan pemerintahan. Konstitualisme akan menciptakan sebuah situasi yang bisa memupuk rasa aman karena adanya sebuah batasan pada wewenang pemerintah yang sudah ditetapkan lebih awal.

2. Cart J. Friedrich

Menurut Cart J. Friedrich Konstitusi ialah suatu kumpulan kegiatan yang dibuat oleh dan atas nama rakyat, akan tetapi dikenakan beberapa suatu pembatasan dan berharap bisa menjamin bahwa kekuasaan yang dibutuhkan untuk pemerintahan itu tidak disalah gunakan oleh orang-orang yang memperoleh tugas untuk memerintah.

3. Cf. Strong

Strong menyatakan bahwa Konstitusi merupakan sekumpulan asas yang mengatur, menetapkan pemerintah dan kekuasaannya, hak-hak yang diperintah, dan juga hubungan antara pemerintah dengan yang diperintah Buku Mario Teguh

4. Chairul Anwar

Chairul Anwar menyatakan bahwa Konstitusi merupakan fundamental laws yang mengenai pemerintahan dalam suatu negara dengan suatu nilai-nilai fundamentalnya.

5. Sri Soemantri

Sri Soemantri menyatakan bahwa Konstitusi merupakan suatu naskah yang berisikan suatu bangunan negara dan sendi-sendi dari sebuah sistem pemerintahan.

6. E. C. S. Wade

Menurut Wade Konstutusi merupakan suatu naskah yang menjelaskan sebuah rangka dan tugas pokok dari suatu badan pemerintahan di suatu negara juga menentukan cara kerja dari suatu badan pemerintahan tersebut.

7. Lord James Brice

Lord menyatakan bahwa Konstitusi ialah sebuah kerangka masyarakat dalam dunia politik yang diatur oleh hukum, yang dimana hukum menetapkan secara tetap terhadap berbagai suatu lembaga yang mempunyai fungsi dan hak yang diakui.

8. L. J. Van Apeldoorn

Van Apeldoorn menyatakan bahwa konsitusi ialah sesuatu yang memuat suatu peraturan tertulis dan tidak tertulis.

9. Miriam Budiarjo

Menurut Miriam Budiarjo, beliau menyatakan bahwa Konstitusi ialah sebuah piagam yang menyatakan tentang cita-cita suatu bangsa dan dasar organisasi sebuah bangsa. Didalamnya berisi berbagai suatu peraturan pokok dan utama yang berhubungan dengan suatu pembagian kekuasaan, cita-cita negara, ideologi negara, undang-undang, kedaulatan masalah politik, ekonomi dan lain sebagainya.

10. A. A. H. Struijcken

Menurut Struijcken menyatakan, Konstitusi itu sama dengan Undang – Undang Dasar, hanya memuat garis-garis besar dan asas tentang sebuah organisasi kenegaraan.

Baca Juga :