Masalah Pendidikan Indonesia yang Tak Pernah Tuntas

pendidikan-indonesia

Masalah Pendidikan Indonesia yang Tak Pernah Tuntas

Bawagnerinc.com –  Walaupun masalah korupsi telah diciduk oleh petugas KPK dan selalu berusaha diperbaiki dengan pemilihan aparat – aparat yang bersih namun tetap saja Indonesia seolah stagnan di situ saja tanpa banyak perkembangan yang berarti. Aparat yang bertugas seolah tak pernah bisa mengatasi berbagai masalah lapangan yang terjadi. Bukan hanya soal korupsi tetapi juga soal sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Sampai saat ini dana pendidikan masih terkesan tidak layak, belum lagi kinerja guru yang berlabel “tanpa tanda jasa” kemudian membuatnya tidak mendapatkan penghargaan atas “gaji” yang terbaik sehingga pelayanan pendidikan juga biasa – biasa saja. Itu salah satu masalah yang terjadi dan menjadi problematika yang banyak dibicarakan di lingkungan masyarakat terbawah. Belum lagi masih banyak ketimpangan yang terjadi dalam dunia pendidikan hingga menimbulkan masalah di babak – babak baru yang tak pernah usai walau presiden sudah berganti – ganti. Disini mari kita coba bahas tentang masalah pendidikan Indonesia yang tak pernah tuntas dan semestinya dibenahi oleh petugas negara. Simak informasinya cv bahasa inggris.

Masalah Pendidikan yang Tak Pernah Tuntas

Kesenjangan sosial dalam dunia pendidikan

Kesenjangan sosial memang menjadi soal yang sangat penting di negeri ini. Dan hal ini yang juga menjadi penyebab tingkat pendidikan antar satu provinsi dan provinsi lain begitu tidak sebanding. Jika memang bercermin di area yang ada di Pulau Jawa, seperti halnya di DKI Jakarta, Jawa Barat dan juga Yogyakarta memang disana pendidikan sudah sangat baik. Dan hal berbeda kalau kita lihat pendidikan yang ada di Bangka Belitung atau di Kalimantan atau daerah lain dimana disana bahkan infrastrukturnya saja tidak begitu memungkinkan.

Sistem Ujian Nasional

Masalah lain yang juga kemungkinan muncul dalam pendidikan yang ada di Indonesia yaitu sistem ujian nasional. Dimana Dosen UIN Sunan Ampel dan Ketua Majelis Dikdasmen juga mengatakan bahwa semua pihak turut harus aktif dan berkomitmen atas ujian nasional agar tidak terjadi kesimpangsiuran dalam tata laksana ujian nasional yang diselenggarakan bersamaan dan serentak di negeri ini.

Menurut Biyanto pribadi, bahwa capaian nilai anak dalam ujian nasional sebenarnya bukan tujuan utama dari pendidikan. Dan ujian ini juga harus dipahami sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui siswa untuk menapaki jenjang pendidikan yang selanjutnya. Karena itu sebenarnya dalam ujian nasional anak harus fokus berlaku jujur. Tak perlu malu dengan nilai yang kurang baik atau lebih rendah dari teman – teman, yang penting jujur.

Infrastruktur pendidikan yang kurang memadai

Ada banyak infrastruktur yang sebenarnya sangat penting tetapi juga masih belum digenapi sehingga membuat sistem pendidikan tidak terselenggara dengan lancar. Ini yang sebenarnya harus dibenahi kembali oleh pemerintah.

Demikian sedikit informasi tentang Masalah Pendidikan yang Tak Pernah Tuntas. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat untuk Anda.

 Baca juga artikel pendidikan lainnya :