Klasifikasi Kompetensi Sistem Pendidikan Indonesia

Sistem Pendidikan Indonesia

Klasifikasi Kompetensi Sistem Pendidikan Indonesia

bawagnerinc.com – Kurikulum dan kompetensi ibarat dua buah aspek yang saling melengkapi. Pedoman ini adalah buku utama yang harus dipelajari dan harus dipahami oleh tenaga pendidik dan elemen pendidikan yang ada di Indonesia.

Termasuk guru juga harus tahu dan belajar seperti apa kurikulum dan kompetensi di Indonesia agar nantinya dapat mengemban tugas dan amanah menjadi tenaga pendidik yang bertanggung jawab, menjunjung tinggi profesionalisme dan masih banyak lagi. Tentang kompetensi tentu saja guru juga harus tahu klasifikasinya karena kompetensi sendiri diklasifikasikan menjadi beberapa aspek yang tentu aspek ini saling terkait dan saling mendukung. Seperti apa klasifikasi kompetensi sistem pendidikan Indonesia?

Klasifikasi Kompetensi Sistem Pendidikan Indonesia

Kompetensi lulusan

Aspek yang satu ini merupakan kemampuan minimal yang harus dicapai ketika seorang peserta didik telah tamat mengikuti program pendidikan pada jenjang atau satuan pendidikan tertentu. Misalkan kompetensi lulusan SD/MI, SMP, SMA dan juga SMK. Dan kalau ditinjau dari tujuan kurikulum, kompetensi lulusan termasuk juga dalam konteks tujuan instruksional kompetensi lulusan menjadi sangat penting.

Kompetensi standar

Aspek yang satu ini merupakan kemampuan minimal yang harus dicapai setelah anak didik menyelesaikan suatu mata pelajaran tertentu pada masing – masing jenjang pendidikan yang dicapai berikutnya. Misalkan soal kompetensi yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran IPA, Matematika dan sebagainya. Mengenai soal aspek kompetensi dasar dalam dunia pendidikan dan kita tinjau dari segi kurikulum, kompetensi dasar memang termasuk ke dalam tujuan kurikuler dalam dunia pendidikan Indonesia.

Kompetensi dasar

Pada aspek kompetensi dasar ini memang merupakan suatu kemampuan minimal yang mesti dicapai oleh para peserta didik dalam lembaga pendidikan yang ada kaitannya dengan penguasaan konsep atau materi pembelajaran yang nantinya diberikan didalam kelas pada jenjang pendidikan tertentu. Kalau kita coba tinjau aspek kompetensi dasar termasuk ke dalam tujuan pembelajaran yang mutlak di satuan pendidikan.

Masing – masing kompetensi sendiri merupakan tujuan spesifik yang dapat diukur pencapaiannya melalui evaluasi pembelajaran. Dan nantinya soal rumus simple present pencapaian sebuah kompetensi memang harus dicapai secara jelas karena berkontribusi dalam tujuan pendidikan yang dilakukan pada jenjang pendidikan yang bersangkutan.

Pencapaian kompetensi juga menunjukkan atas keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukan. Jika nantinya peserta didik sudah mampu dalam mencapai dan juga menguasai kompetensi yang ditentukan maka hal ini bisa dikatakan bahwa proses baik belajar atau mengajar berhasil diselenggarakan dengan baik pada semua jajaran yang bersangkutan.

Nantinya setiap kompetensi dijabarkan ke dalam indikator pendidikan. Indikator ini yang sebenarnya menjadi acuan dan juga indikasi bahwa sebuah kompetensi telah mampu untuk dicapai. Aspek yang perlu ada didalam kompetensi harus juga dituangkan secara mendetail dalam indikator ini.

Itulah sedikit informasi tentang dunia pendidikan Indonesia. Semoga informasi diatas tentang Klasifikasi Kompetensi Sistem Pendidikan Indonesia bermanfaat.

 Baca juga artikel tentang pendidikan lainnya :