Cara Mengajari Sopan Santun Pada Sih Kecil yang Mudah

cara-mengajari-sopan-santun-pada-sih-kecil-yang-mudah

Cara Mengajari Sopan Santun Pada Sih Kecil yang Mudah

www.bawagnerinc.com – Kadang kita lihat anak kita lagi bertengkar, baik dengan teman seumurannya, saudara, atau pun orang lain serta tak mengakui kesalahannya. Nah, hal yang demikian ini mungkin saja akan jadi sebuah hal yang kurang terlihat sopan bagi anak kita, untuk itulah, Anda sebagai orangtua yang baik semestinya harus lebih mengerti tentang cara terbaik untuk menjadikan mereka jauh lebih sopan santun. Ada beberapa cara paling mudah untuk orangtua supaya bisa mengajari anaknya lebih sopan terhadap orang lain. Simak yuk ulasan selengkapnya di bawah ini.

cara-mengajari-sopan-santun-pada-sih-kecil-yang-mudah

Cara mengajari sih kecil sopan santun

Berikan kesempatan untuk mengungkapkan masalahnya

Gali dari diri anak Anda apa yang menjadikannya tak mau atau menolak untuk meminta maaf. Baik orangtua atau guru juga harus bersikap netral, tak berpihak pada pelaku maupun korban, apabila berpihak nanti dikhawatirkan pemulihan hubungan keduanya malah semakin sulit.

Tak memaska meminta maaf

Sering sekali dijumpai orangtua yang memaksakan anaknya untuk meminta maaf. Sebenarnya cara yang seperti ini tidaklah benar, dan bisa menekan sih kecil. Sebab, biasanya semakin dipaksa untuk minta maaf, maka semakin sulit bagi sih kecil untuk melakukannya. Dikarenakan paksaan adalah sesuatu yang paling tidak menyenangkan, maka hal tersebut tidak akan diulangi lagi, atau jika mau anak akan minta maaf dengan terpaksa serta tidak tulus.

Menumbuhkan rasa empati

Salah satu caara terbaik adalah dengan menumbuhkan empati. “Adik sudah memukul teman adik yang seperti iitu, coba adik pikirkan jika adik yang diperlakukan seperti itu, kira-kira bagaimana rasanya?”. Mungkin saja anak Anda tak akan langsung menjawab atau pun berkomentar pada saat itu juga. Akan tetapi, setidaknya anak Anda sudah tahu jika perbuatan yang telah menjadikan orang lain terganggu, tersakiti, atau pun menderita.

Para ahli juga mengingatkan, bahwa ajari anak Anda tata krama sedini mungkin, jangan sampai menunggu sampai dia besar. Bagaimana memulainya? Mulailah dari cara yang sederhana. Juga jangan dikarenakan menganggap dia masih kecil, lantas menganggap masih belum penting mengajarkan tata krama ya. Ini adalah anggapan yang salah, karenakan dia nanti akan belajar di sekolah hanya sebentar, sehingga tak akan cukup pelajaran budi pekerti dan juga tata krama yang di dapatkan.

kata kata bijak cinta bahasa inggris Apalagi pada saat dia sudah besar, akan semakin sulit lagi jika hal yang satu ini diajarkan. Jika masih kecil tidak diajarkan norma yang baik, bisa jadi nanti dia akan tumbuh jadi anak yang tak tahu aturan, contohnya saja masuk ke dalam rumah orang langsung berlarian ke sana-kemari, dan lain-lain.

Demikianlah cara mengajari sopan santun pada sih kecil yang mudah. Semoga saja informasi di atas bermanfaat.

Baca Juga :