Sistem Otot Pada Sistem Anatomi Manusia

sistem-otot

Jenis Jenis Sistem Otot Pada Sistem Anatomi Manusia

Bawagnerinc.Com – sistem otot memiliki tanggung jawab yang besar untuk mengatur pergerakan tubuh manusia. Masing-masing otot  ini merupakan organ diskrit yang tersusun dan dibangun dalam jaringan otot rangka, pembuluh dara, tendon dan saraf. Jaringan otot juga ditemukan dalam jantung, organ pencernaan, dan pembuluh darah. Di organ-organ ini, otot berfungsi untuk memindahkan zat ke seluruh tubuh.

 Jenis jenis otot

ada tiga jenis jaringan otot, yaitu Visceral, jantung, dan tulang.

 Jaringan otot Visceral

Otot visceral dtmukan di dalam organ seperti perut, usus, dan pembuluh darah. Otot visceral merupakan otot yang paling lemah di antara semua jenis jaringan otot. Otot visceral membuat organ kontrak memindahkan zat melalui organ. Hal tersebut terjadi karena otot visceral dikendalikan oleh bagian bawah sadar dari otak. Otot ini juga sering disebut dengan otot sukarela karena otot ini tidak dapat dikendalikan oleh alam sadar kita.

 Otot Visceral juga dikenal dengan nama oto polos, untuk menggambarkan otot visceral yang sangat halus, jika dilihat dengan mikroskop otot ini sangat beragam. Otot ini sangat halus sehingga sangat kontras jika dibandingkan dengan otot jantung dan otot tulang.

 Otot Jantung

Otot jantung hanya ditemukan di jantung. Otot jantung bertanggung jawab untuk memompa darah ke seluruh tubuh. jaringan otot jantung tidak dapat dikendalikan secara sadar, sehingga merupakan otot tak sadar. Sementara hormon dan sinyal dari otak menyesuaikan tingkat kontraksi, otot jantung merangsang sendiri untuk dapat berkontraksi. Pacu alami jantung terbuat dari jaringan otot jantung yang merangsang sel-sel otot jantung lainnya untuk dapat berkotraksi. Karena stimulasi diri, otot jantung dianggap autorhythmic atau intrinsik dikendalikan.

Sel-sel otot pada jaringan jantung berbentuk lurik, yaitu memiliki tampak yang terang dan gelap serta memiliki garis-garis jika dilihat melalui mikroskop. Susunan serat proteinlan yang menyebabkan otot memiliki warna gelap dan terang. Striations menunjukkan bahwa sel otot sangat kuat, tidak seperti otot visceral.

Sel-sel otot jantung yang bercabang X atau Y berbentuk sel erat dihubungkan bersama oleh persimpangan khusus yang disebut disk diselingi. Disk diselingi terdiri dari proyeksi fingerlike dari dua sel tetangga yang saling mengunci dan memberikan ikatan yang kuat antara sel-sel. struktur bercabang dan disk diselingi memungkinkan sel-sel otot untuk menahan tekanan darah tinggi dan strain memompa darah ke seluruh seumur hidup. Fitur-fitur ini juga membantu untuk menyebarkan sinyal elektrokimia cepat dari sel ke sel sehingga jantung bisa mengalahkan sebagai satu unit.

Otot Skeletal atau otot rangka

Otot skeletal https://goo.gl/Z6jLww . Otot rangka adalah satu-satunya jaringan otot sukarela dalam tubuh manusia-itu dikendalikan secara sadar. Setiap tindakan fisik bahwa seseorang secara sadar melakukan (misalnya berbicara, berjalan, atau menulis) membutuhkan otot rangka. Fungsi otot rangka adalah untuk kontrak untuk memindahkan bagian tubuh lebih dekat dengan tulang yang otot melekat. Kebanyakan otot rangka yang melekat pada dua tulang di sendi, sehingga otot berfungsi untuk memindahkan bagian-bagian dari tulang-tulang dekat satu sama lain.

Sel-sel otot rangka terbentuk ketika banyak sel progenitor yang lebih kecil benjolan diri bersama-sama untuk membentuk panjang, lurus, serat berinti. Lurik seperti otot jantung, rute serat otot skeletal yang sangat kuat. otot rangka namanya berasal dari fakta bahwa otot-otot ini selalu terhubung ke kerangka dalam setidaknya satu tempat.

Demikian penjelasan yang diberikan tentang Sistem Otot Pada Sistem Anatomi Manusia .Terimakasih telah menyimak penjelasan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, dapat menambah pengetahuan para pembaca dan informasi yang diberikan bermanfaat.

Baca Juga :