Pendidikan Karakter Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan Karakter Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan Karakter Anak Usia 2 Tahun

www.bawagnerinc.com – Perlu Anda tahu bahwasannya di masa sekarang ini pada saat Anda mendengarkan tentang pembentukan atau pun pendidikan karakter anak usia 2 tahun pastinya yang Anda pikirkan pertama langsung tertuju pada kurikulum berbasis karakter yang di canangkan oleh pemerintah di beberapa tahun belakangan ini. Memasukkan pendidikan karakter dalam kurikulum memang jadi usaha yang paling bagus sekali sebagai salah satu bentuk atau cara dalam membentuk karakter pada anak, akan tetapi ada satu hal yang memiliki andil lebih besar lagi dalam hal tersebut.

Pendidikan Karakter Anak Usia 2 Tahun

Anda pastinya sudah bisa mengira-ngira apa hal yang mempunyai andil besar tersebut, tebakan Anda mungkin saja bisa bermacam-macam. Anda dan juga kebanyakan sophisticated, akan tetapi hal yang dimaksudkan di sini sebetulnya adalah hal yang cukup sederhana serta ada di dekat Anda. Hal tersebut adalah keluarga.

Lantas, bagaimana cara mendidik karakter anak usia 2 tahun?

Harus Anda tahu terlebih dulu, bahwasannya keluarga dari seorang anak di mulai dari orangtua, Anda sebagai seorang ibu, dan pasangan Anda mempunyai tugas yang tak bisa dibilang mudah, yakni membentuk karakter pada anak-anak Anda, supaya mempunyai karakter yang baik, salah satunya yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan contoh pada anak-anak Anda mengenai bagaimana berperilaku yang baik.

ilmubahasainggris.com Contoh-contoh tersebut dapat Anda berikan pada saat Anda berkomunikasi bersama pasanga, menyelesaikan setiap masalah yang muncul di dalam berumah tangga Anda, ketika Anda bergaul dengan keluarga lain, dan teman-teman maupun tetangga Anda serta lain sebagainya. Dengan melihat bagaimana Anda dalam berperilaku, maka anak-anak Anda tanpa sadar juga akan mengikuti Anda.

Selain hal tersebut, pembentukan karakter pada anak usia 2 tahun ini oleh keluarganya sendiri seperti yang telah banyak orang tau, keluarga merupakan sosialisasi pertama dari seorang anak. Keluarga, sebagai tempat anak pertama kali bersosialisasi, keluarga juga memiliki tugas penting untuk menanamkan karakter baik sebanyak-banyaknya di dalam diri seorang anak.

Apabila keluarga Anda tidak melakukan hal ini, maka bakal terjadi hal yang tak diinginkan. Kejadian tersebut merugikan keluarga, lingkungan, dan juga bagi anak itu sendiri pastinya. Dalam situs catholiceducation.org juga diceritakan bahwasannya ada seorang anak yang merupakan anak tunggal dikeluarganya. Nah, sebagai anak tunggal, ia juga dimanjakan oleh orangtuanya. Orangtua dari sih anak ini memberikan segalanya yang ia inginkan.

Dan hasil dari kebiasaan tersebut lalu mengakibatkan sih anak jadi pribadi egois. Keegoisan inilah ternyata juga sangat mengganggu proses anak untuk bergaul serta berkomunikasi dengan teman maupun orang lain, apabila tak segera dirubah, maka keegoisan anak tersebut bisa membuatnya dijauhi oleh teman-temannya.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang pendidikan karakter anak usia 2 tahun. Semoga saja bisa bermanfaat.

Baca Juga :